BlogSFIW | Arti dari Simbol Bahan Kimia Berbahaya di Sekitar Kita

Jik kita sering menjumpi pada suatu kemasan bahan kimia berbahaya pasti ada simbol-simbol yang merupakan tanda bahaya yang mengandung arti tertentu, contohnya simbol gambar tengkorak, simbol gambar X atau yang lainnya.

Dibawah ini adalah penjelasan mengenai simbol gambar dan artinya pada bahan kimia berbahaya

  • Simbol Toxic (Beracun) Huruf Kode “ T “
Simbol Bahan Kimia Berbahaya

Formulasi dan Bahan yang ditandai dengan simbol beracun "Toxic" dapat menyebabkan kerusakan kesehatan akut atau kronis dan bahkan kematian pada konsentrasi sangat rendah jika masuk ke tubuh melalui inhalasi, melalui mulut (ingestion) atau kontak dengan kulit. Bahan karsinogenik dapat menyebabkan kanker atau meningkatkan timbulnya kanker jika masuk ke tubuh.
Contoh bahan dengan sifat tersebut misalnya solven-solven seperti metanol (Toksik) dan Benzene (Toksik, Karsinogenik).
  • Simbol Very Toxic (Sangat Beracun) Huruf Kode “ T+ “
Simbol Bahan Kimia Berbahaya

Bahan dan formulasi yang ditandai dengan notasi bahaya "Very Toxic" dapat menyebabkan kerusakan kesehatan akut atau kronis dan bahkan kematian pada konsentrasi sangat rendah jika masuk ke tubuh melalui inhalasi, melalui mulut (ingestion) atau kontak dengan kulit. 
Contoh bahan dengan sifat tersebut misalnya kalium sianida, hydrogen sulfida, nitrobenzene dan atripin.

  • Simbol Corrosive (Korosif) Huruf Kode “ C “
Simbol Bahan Kimia Berbahaya


Bahan dan formulasi dengan notasi "Corrosive" adalah merusak jaringan hidup. Jika suatu bahan merusak kesehatan dan kulit hewan uji atau sifat ini dapat diprediksi karena karakteristik kimia bahan uji, seperti asam (pH kurang dari 2 atau pH lebih dari 11,5), ditandai sebagai bahan korosif. 
Contoh bahan dengan sifat tersebut misalnya asam mineral seperti HCl dan H2SO4 maupun basa seperti larutan NaOH yang kurang dari 2%.
  • Simbol  Harmful (Berbahaya) Huruf Kode “ Xn “

Simbol Bahan Kimia Berbahaya
Bahan dan formulasi yang ditandai dengan notasi bahaya "Harmful" memiliki merusak kesehatan sedang jika masuk ke tubuh melalui inhalasi, melalui mulut (ingestion) atau kontak dengan kulit. 
Contoh bahan yang memiliki sifat tersebut misalnya solven 1,2-etane-1, 1,2 diol atau etilen glikol (berbahaya) dan diklorometan (berbahaya, dicurigai karsinogenik). Bahan-bahan yang merusak jaringan (Tissue Destroying Substances) yang meliputi sub grup bahan bahan korosif dan bahan iritan. 
  • Simbol Dangerous for Environment Huruf Kode “ N “

Simbol Bahan Kimia Berbahaya
Bahan dan formulasi dengan notasi berbahaya bagi lingkungan adalah dapat menyebabkan efek tiba-tiba atau dalam sela waktu tertentu pada satu kompartemen lingkungan atau lebih (air, tanah, udara, tanaman, mikroorganisme) dan menyebabkan gangguan ekologi.
Contoh bahan yang memiliki sifat tersebut misalnya tributil timah kloroda, tetraklorometan, dan petroleum hidrokarbon seperti pentana dan petroleum bensin.(SELARAS)
  • Simbol Irritant (Menyebabkan Iritasi) Huruf Kode “ Xi “

Simbol Bahan Kimia Berbahaya

Bahan dan formulasi dengan notasi "Irritant" adalah tidak korosif tetapi dapat menyebabkan inflamasi jika kontak dengan kulit atau selaput lendir. 
Frase R untuk bahan atau formula irritant adalah R36, R37, R38 dan R41.
Contoh bahan dengan sifat tersebut misalnya isopropilamina, kalsium klorida serta  asam dan basa encer.


 Itulah ulasan tentang Arti dari Simbol Bahan Kimia Berbahaya di Sekitar Kita. Lebih berhati-hati lagi y..


yang dicari :  simbol bahan kimia berbahaya di laboratorium,simbol bahan kimia berbahaya dan artinya,simbol bahan kimia berbahaya,arti simbol bahan kimia berbahaya,contoh simbol bahan kimia berbahaya,simbol simbol bahan kimia yang berbahaya,simbol dan bahan kimia berbahaya,simbol untuk bahan kimia berbahaya,simbol bahan kimia yang berbahaya dan artinya,simbol-simbol berbahaya pada bahan kimia

0 komentar:

Post a Comment

Yang udah berkunjung jangan lupa tinggalin jejaknya ,boleh komen atau ke Chat Room.
Monggo...........!!!!!!!!!

 
Top